Jln Husein, Pontianak

Kalimantan Barat, Indonesia

+62 812 8750 7737

24/7 Customer Support

Mon - Fri: 9:00 - 17:30

Ready To Serve You

SMART FLOWS MODEL

Konsep superior value digunakan perusahaan dalam binsis untuk mencapai keunggulan bersaing (competitive advantage) yaitu sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari perusahaan lain, atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh perusahaan lain (Porter, 1990). Pengertian tersebut memberikan pengertian bahwa superior value menuntut adanya kreativitas, inovasi, dan jiwa entrepreneursip.

Superior value diciptakan melalui model bisnis organisasi, yang mengubah in-put dan  modal menjadi value melalui kegiatan/proses bisnis dan interaksinya. Nilai yang harus dimiliki perusahaan adalah nilai yang superior, yaitu nilai yang memuaskan para pihak yang berkepentingan (stakeholder) dan unggul dibandingkan para pesaingnya.

Dalam artikel ini kami memperkenalkan model bisnis yang disebut dengan SMART FLOWS, yang terbagi menjadi 2 elemen utama, yaitu Organizational Capabilities dan Principles, sebagaimana digambarkan pada Gambar 1.

SMART Capabilities

SMART Capabilities adalah framework untuk mewujudkan kemampuan perusahaan dalam menciptakan, menangkap, mengkonsumsi, mendistribusikan dan mempertahankan value.

  • Strategic Leadership

Suatu kemampuan dari organisasi  dalam melaksanakan proses menetapkan, mengelola dan mengkomunikasikan maksud, visi, misi, tujuan dan budaya (core value) organisasi serta strategi pencapaiannya. Termasuk didalamnya kemampuan untuk mengarahkan dan memotivasi seluruh elemen perusahaan dalam hal pencapaian kesuksesan jangka panjang.

  • Mechanism for Collaboration

Suatu pengaturan dalam organisasi mengenai struktur organisasi, tugas dan tanggung jawab yang memberikan mekanisme bekerja bersama, berkoordinasi dan berkomunikasi dalam mengimplementasikan strategi dengan menggunakan sumberdaya perusahaan yang ada secara efektif dan efisien.

  • Ability to Create The Value

Kemampuan organisasi dalam menciptakan, menangkap, mendistribusikan dan mengkonsumsi nilai melalui BOSS (Borneo Operating Support System ).

  • Risk Management

Kemampuan organisai mengelola risiko dan peluang yang ada dan potensial melalui formal manajemen guna mempertahankan dan mengelola nilai yang diciptakan organisasi.

  • Technology Management

Kemampuan organisasi mengelola teknologi guna menciptakan superior value melalui inovasi

FLOWS Principles

FLOWS Principles adalah prinsip-prinsip yang digunakan dalam mewujudkan dan mengembangkan SMART Capabilities dalam rangka menciptakan, menangkap, mengkonsumsi, mendistribusikan dan mempertahankan value.

  • Flexibility

Organisasi harus mampu selalu beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis yang terjadi dan yang potensial terjadi. Perubahan adalah sesuatu yang pasti dihadapi oleh organisasi, baik perubahan eksternal maupun perubahan internal, sehingga organisasi harus selalu siap menghadapinya. Kapabilitas organisasi harus mampu mengelola perubahan yang dihadapinya dan memanfaatkannya sebagai suatu opportunity secara jangka panjang.

  • Long-Term

Prinsip ini mengharuskan perusahaan memiliki visi jangka panjang dengan perencanaan pencapaiannya yang memastikan keberlangsungan bisnis organisasi (business continuity) dengan selalu mengembangkan kapabilitas perusahaan guna menciptakan, mendistribusikan, mengkonsumsi dan mempertahankan superior value-nya.

  • Opportunity

Organisasi harus fokus kepada kekuatan guna memanfaat peluang yang ada maupun yang bersifat potensial guna mengembangkan strategy dalam menciptakan, menangkap, mempertahankan, mendistribusikan, dan  mengkonsumsi nilai.

  • Worthy

Organisasi dalam menciptakan, menangkap, mendistribusikan, mengkonsumsi dan mempertahankan nilai  harus mempertimbangkan segala kelayakannya dan kepentingannya sehingga organisasi dapat fokus kepada hal-hal yang prioritas. Dengan mempertimbangkan manfaat (benefit) dan biaya (cost) yang ditimbulkan dalam usahanya menciptakan, menangkap, mendistribusikan, mengkonsumsi dan mempertahankan value bisnis organisasi.

  • Synergy

Organisasi dalam menciptakan, menangkap, mendistribusikan, mengkonsumsi dan mempertahankan nilai bisnis haru dapat mensinergikan seluruh kapabilitas organisasi guna memenangkan persaingan dan menjaga keberlangsungan hidup organisasi (business continuity).

Demikianlah tulisan awal kami dalam memperkenalkan model BORNEO SMART FLOWS, sebagai suatu model dalam menciptakan, menangkap, mendistribusikan, mengkonsumsi dan mempertahankan nilai bisnis organisasi guna memenangkan persaingan dan menjaga keberlangsungan bisnis organisasi.  

adm168borneoid

adm168borneoid

Leave a Replay

PT. BORNEO GROUP

Perusahan Indonesia yang sedang pesat berkembang di seluruh kota kota dan membentuk pengusaha muda.

Recent Posts

Official FB Page

Our Corporate Video

Enquiries . . .

Sign up for our Newsletter

By submitting, you are giving us the permission to sent you our regular updates to your email address.

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish