Proses Untuk Sukses

Contact Us

Proses Untuk Sukses

Apakah Sukses harus dengan proses?

Tentunya sukses dengan proses. Banyak orang yang ingin sukses tanpa adanya proses, dan bahkan mereka mau melakukan apa saja agar sukses itu datang dengan cepat. Cara-cara yang salah hanya akan membenamkan kita dalam lumpur kenistaan, dan kenistaan itu akan menghilangkan kemuliaan diri orang tersebut.

Dalam menggapai tujuan hidup ataupun keinginan dan cita-cita tentunya harus dengan perjuangan yang tidak hanya sebentar saja, akan tetapi ada beberapa tahap yang harus dijalani, dan bahkan kegagalan dalam usaha itu harus dijalani agar kita tahu jalan yang salah dan lebih memilih jalan yang benar.

Belajar dari kisah orang-orang yang sukses. Mereka juga memerlukan proses untuk bisa menggapai kesuksesan. Kesuksesan mereka tidak datang dengan serta merta, mereka melakukan berbagai perjuangan sehingga mereka mendapatkan kesuksesan tersebut.

Berbagai cobaan telah mereka lalui, kesabaran menjadi benteng yang tangguh untuk mereka, ketekunan menjadi senjata yang tak pernah mereka tanggalkan, fokus dan disiplin adalah jurus yang selalu mereka pergunakan dengan penuh istiqomah dan pantang menyerah adalah senjata yang paling ampuh yang pernah mereka miliki.

Tak ada kesuksesan yang tanpa proses, kesuksesan selalu saja dibayar dengan proses. Karena bayaran proses untuk kesuksesan adalah pondasi yang amat kokoh untuk menggapai kesuksesan yang sesungguhnya. Kesuksesan tidaklah dilalui dengan instan, tetapi memerlukan proses yang panjang. Dari proses itulah orang akan belajar semuanya dari satu tahap ketahap selanjutnya, step by step sehingga ia mempunyai pondasi yang kuat untuk menopang kesuksesannya tersebut.

Jika suatu saat nanti ia mendapatkan kehancuran atau bangkrut, maka ia bisa bangkit lagi karena sudah tahu jalan untuk bisa bangkit kembali. Tapi jika ia tidak mempunyai pondasi yang kuat, ia akan hancur dan sulit untuk bangkit kembali.

Seperti pepatah mengatakan sukses adalah sebuah perjalanan (success is a journey), kita harus menikmati perjalanan tersebut, perjalanan tersebut mempunyai beberapa tahap dan proses yang harus dilalui. Kita harus melalui beberapa tangga untuk menggapai kesuksesan tersebut, kesabaran mutlak diperlukan untuk menggapai apa yang menjadi tujuan.

Untuk mendapatkan kesuksesan seperti orang-orang yang sukses tentunya kita harus melakukan seperti apa yang mereka lakukan, jika enggan untuk melakukannya maka janganlah berharap terlalu banyak untuk sukses. Banyak yang ingin mendapatkan tujuannya tapi tidak mau melakukan sebagaimana mestinya untuk mendapatkan tujuan tersebut, tentunya semuanya akan menjadi angan-angan belaka.

Seperti apa yang dikatakan oleh Founder Borneo, Pak Safiuddin SE, kita harus keluar dari zona nyaman yang tidak mengubah hidup, jika mau mendapatkan cita-cita, harus melakukan hal yang baru, jika memang hal yang lama tidak memberikan perubahan. Kesuksesan adalah sebuah perjalanan yang perlu kita jalani dengan baik, proses dalam menjalankan kesuksesan tersebut dengan cara melakukan yang terbaik setiap harinya, semakin hari semakin baik maka kesuksesan akan dapat didapatkan.

Semakin baik apa yang dilakukan maka semakin baik juga hasilnya, oleh karena itu peningkatan pekerjaan yang semakin baik itu memberikan proses yang baik pula untuk mencapai tujuan ataupun target yang telah  ditentukan. Ada kebiasan ataupun sikap yang baik dalam mencapai kesuksesan, diantaranya adalah belajarlah untuk terus bersabar dengan apa yang telah terjadi, sehingga seseorang bisa melakukan yang terbaik yang mesti ia lakukan.

Fokuslah dengan apa yang akan diperoleh agar tidak dikacaukan dengan apa yang tidak ada dalam target, dan teruslah berjuang untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuan agar kita terus mengerjakan semuanya dengan sungguh-sungguh. Perlu diketahui bahwa Tuhan melihat usaha dari manusia yaitu dari sebuah proses dan manusia melihat dari hasil pekerjaan tersebut, proses yang baik akan menghasilkan hasil yang baik.

Oleh karena itu yang harus dilakukan  dalam sebuah usaha, harus melakukan usaha tersebut dengan baik, menghindari cara-cara yang curang, menipu dan melanggar etika dan kaidah kebaikan yang mestinya dijaga. Jika ada cobaan tentunya harus bersabar, jika hasilnya kurang baik maka harus ditingkatkan kinerja dan tidak menyalahkan orang lain dan jika ada kecurangan, kita bisa belajar dari kesalahan tersebut.

Yang harus dilakukan adalah memperbaiki kinerja dan mengevaluasinya serta jangan menyalahkan orang lain. Jika memang prosesnya baik maka hasilnya tentu akan baik. dibawah ini ada beberapa kiat-kiat yang kita lakukan untuk menjalankan proses yang baik.

Proses-Proses yang Mesti Kita Jalani

1. Kebaisaan-kebiasaan yang baik

Untuk mendapatkan hasil yang baik, harus melalui proses dengan cara-cara yang baik. cara-cara yang baik itu harus ditumbuhkan dari kebiasaan-kebiasaan yang baik pula. Lakukaknlah kebiasaan yang baik yang akan mempengaruhi kehidupan kita selanjutnya.

Kebiasaan yang baik ini akan mempengaruhi tingkah polah dalam menyikapi kehidupan, sehingga dari kebiasaan-kebiasaan tersebut akan menimbulkan sikap-sikap yang baik yang perlu dijaga untuk pengembangan kepribadian yang baik. Kakebiasaan-kebiasaan yang baik itu contohnya adalah : disiplin, tepat waktu, menjaga kebersihan, melayani dengan baik, dan lain sebagainya.

2. Pembentukan karakter yang baik dan mental yang kuat

Selain kebiasaan-kebiasaan yang baik kita juga dituntut untuk membentuk karakter yang baik, karakter yang baik akan berpengaruh pada usaha. Dengan karakter yang baik, usaha akan berjalan dengan baik, dengan cara-cara yang baik, legal dan beretika. Sehingga kepercayaan akan datang mengalir. Sedangkan mental yang kuat menjadikan kita manusia tangguh yang kuat dalam menghadapi berbagai masalah dan rintangan yang menghadang.

3. Sukses-sukses kecil dan sedang

Menurut Executive Manager Borneo, Pak Iskandar, untuk mencapai kesuksesan yang besar tentunya dimulai dari kesuksesan-kesuksesan kecil dan sedang. Beliau melakukan aktivitas harian nya dengan baik dan kerja keras yang akhirnya membina organisasi yang besar dan sukses.

Proses-proses ini adalah anak tangga yang mesti dilalui oleh siapa saja yang ingin mendapatkan kesuksesan yang besar. Dari kesuksesan yang kecil dan sedang inilah akan mengajari kita untuk mendapatkan kesuksesan yang besar.

Kegagalan-kegagalan

Kegagalan-kegagalan banyak menagajarkan pelajaran yang berharga, dengan kegagalan-kegagalan inilah kita diajarkan cara yang benar yang seharusnya ditempuh. Seperti yang pernah dialami beberapa orang-orang sukses, diantaranya adalah Pak Edi dan Pak Suryadi, HRD Borneo.

Ia telah jatuh bangun untuk menggapai kesuksesannya itu. Menurutnya dengan kegagalan kita akan banyak belajar tentang kebenaran jalan yang harus ditempuh, karena kegagalan tersebut mengajarkan kita untuk menuju keberhasilan.

Karena kegagalan tersebut mengajarkan untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang menyebabkan kegagalan. Ia telah membuktikan bahwa ia bisa bangkit dan bisa menebusnya dengan berbagai kesuksesan yang telah ia raih. Kegagalan adalah cambuk bagi para pengusaha dan juga para pemimpin, tidak ada perjalanan yang tidak dibayar dengan pelajaran berharga, salah satunya pelajaran kegagalan yang dialami.

Menurut Mr. Jeffri Pawel, Senior Advisor Borneo, bahwa setiap manusia mempunyai jatah kegagalan, jika ia ingin sukses maka habiskan dulu jatah kegagalan tersebut. Pelajarilah penyebab-penyebab kegagalan itu, kemudian benahi langkah selanjutnya agar kesalahan-kesalahan masa lalu tidak terulang lagi.

Introspeksi diri dan memperbaiki diri

Yang perlu dilakukan ketika menghadapai kegagalan adalah instropeksi diri, apa yang salah dalam langkah menjalankan usaha ataupun kepemimpinan. Kita mempelajari kesalahan-kesalahan tersebut dan menyiapkan strategi yang lebih baik lagi. Kemudian memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut dan menjalankan strategi yang telah dipersiapkan. kemudian antisipasi agar tidak terjadi kesalahan yang kedua kalinya dan menyiapkan rencana cadangan agar siap dengan apapun yang akan terjadi.

Share this post?

Borneo Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *