Kesempatan dalam Kesempitan

Contact Us

Kesempatan dalam Kesempitan

Hari ini saya berada di kantor Pusat BORNEO (Head Office) di Pontianak, Indonesia dan saya mau berbagi tentang bagaimana memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

Setiap seseorang itu pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya kesempatan, pasti dalam diri seseorang pernah mengalami atau di beri kesempatan. Tapi yang terpenting adalah bagaimana orang itu bisa menggunakan kesempatan itu dengan sebaik mungkin agar kesempatan itu tidak terbuang dengan sia-sia, contohnya sewaktu melaksanakan tugas atau waktu berproses to BORNEO Group sebagai seorang Management Trainee.

Menggunakan kesempatan sebaik mungkin pun akan mendatang suatau yang berharga bahkan akan mendatangkan kesuksesan untuk kita dan semua orang yang berada disekitar kita walau kadang kita merasa ragu dalam mengambil tindakan itu dan ragu untuk memutuskan apakah kesempatan itu baik atau tidak untuk kita.

Memang tidaklah mudah untuk kita memutuskan sesuatu itu, diri kita akan sering dilemma kita dihadapakn dengan adalnya pilihan, tapi harus yakin bahwa hidup kita ini tidak akan lepas dengan yang namanya pilihan, setiap waktu pasti kita akan di hadapakan dengan berbagai pilihan entah pada akhirnya suatu yang kita pilih itu baik atau tidak. Maka dalam memilih sesuatu hendaknya kita meminta pendapat orang lain atau dengan memikirkan dengan tepat semua apa yang kita fikirkan.

Banyak orang mengerti tentang baik dan buruk dalam mengambil suatu tindakan dalam kesempitan tapi sedikit sekali orang menggunakan hal itu dengan baik nah apa yang terjadi jika tindakan yang kita ambil itu salah, pasti penyesalan yang akan kita dapatkan. Untuk itu, pentingnya kita memanfaatkan waktu (time management) yang sedikit untuk kita ambil dan kita gunakan dalam kebaikan yang dapat bermanfaat bagi orang lain khususnya bagi kita pribadi.

Coba kita perhatikan di sekeliling kita banyak orang yang sukses, orang yang hidupnya cemerlang, semua itu tidak lepas dari bagaimana dia mengambil kesempatan dalam waktu yang sempit, dia bekerja keras dan giat dalam setiap waktunya dan tidak mudah membuang kesempatan atau waktu tersebut dengan begitu saja. Berbeda dengan orang yang hidupnya hanya sekedarnya saja bahkan tidak pernah memanfaatkan ketika mendapatkan kesempatan.

Mulai sekarang bentuklah diri kita memanfatkan kesempatan dalam waktu yang sempit untuk hal yang baik dan berguna bagi orang lain khususnya diri kita agar kelak kita dapatkan kesuksesan yang bernilai tinggi. Setiap sesuatu itu akan bernilai jika kita mau memanfaatkan sesuatu itu dengan sebai mungkin. Kesuksesan seseorang itu akan terlihat dari banyak mereka melakukan kegiatan, aktif dalam segala kegiatan, tidak malas untuk melakukan sesuatu. Memang dalam memanfaatkan suatu kesempatan dalam kesempitan itu tidak banyak orang melakukan, mereka lebik memilih untuk menunggu waktu yang besar. (DON’T wait things to happen but MAKE things happen)

Namun jika kita bersaing dengan orang yang sangat cerdas dalam memanfaatkan kesempatan maka kita akan kalah jauh dengan mereka, memang jika dipandang dari segi negatifnya memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan ini adalah perilaku orang yang senang memanfaatkan orang lain, tapi jika kita pandang dari segi positif maka banyak kebaikan di dalamnya, banyak kesuksesan yang akan kita raih.

Suatu contoh saat anak istirahat pada saat sekolah mungkin banyak sekian anak yang menyempatkan dirinya untuk membeli makanan atau yang lain. Namun jika kita lihat dengan salah satu anak yang pintar dalam mengambil kesempatan dalam kesempitan dia mungkin akan memanfaatkan waktu istirahat itu untuk belajar atau mengerjakan tugas, atau mengerjakan suatu yang bermanfaat.

Jika seandainya sekian anak bisa memanfaatkan waktu istirahat seperti dia mungkin tidak jarang kita lihat banyak negeri ini akan mempunayai bangsa yang cerdas dan bisa memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Oleh karena itu bangun diri kita mulai sekarang untuk memanfaatkan sesuatu dalam kesempitan agar kesuksesan kita lebih cepat dari yang lain.

Semoga bermanfaat … In Sya Allah

Share this post?

Borneo Group

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *